Monday, March 5, 2012

Pengangguran di Indonesia

          Mungkin kita sudah tak asing lagi dengan kata-kata “pengangguran”. Ya tentu saja karena banyak sekali pengangguran yang menjamur di Indonesia. Pengangguran itu sendiri berarti orang yang tidak bekerja ataupun yang sedang dalam proses mencari pekerjaan.Beberapa tahun belakangan ini tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 8% dari jumlah angkatan kerja menurut Badan Pusat Statistik (BPS). Hal ini sangat memprihatinkan bukan?
     Menurut saya,naiknya tingkat pengangguran ini disebabkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia,rendahnya pendidikan,tidak memiliki keterampilan yang cukup dan anggapan masyarakat yang masih berpikir bahwa menjadi pegawai negeri sipil (PNS) itu lebih menjamin masa depan mereka.
    Hal yang sangat berpengaruh dalam mengatasi pengangguran ini adalah dengan berwirausaha. Dengan berwirausaha,kita berarti membuka lahan pekerjaan untuk para pengangguran. Menurut saya cara ini adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi pengangguran.Hanya saja tidak semua orang memiliki keinginan dan keberanian untuk membuka suatu usaha. Oleh karena itu jiwa kewirausahaan harus dipupuk sejak dini. Jadi disaat kita lulus sarjana kita tidak akan bingung mau bekerja dimana.

No comments: