Monday, November 26, 2012

Tugas 14 : Pengawasan


Menurut Robert J. Mockler pengawasan yaitu usaha sistematik menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan perencanaan, merancang sistem informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar, menentukan dan mengukur deviasi-deviasai dan mengambil tindakan koreksi yang menjamin bahwa semua sumber daya yang dimiliki telah dipergunakan dengan efektif dan efisien.
Pengendalian atau Pengawasan adalah proses mengarahkan seperangkat variable ( manusia, peralatan, mesin, organisasi ) kearah tercapainya suatu tujuan atau sasaran manajemen. Pengawasan (controlling) merupakan fungsi manajemen yang tidak kalah pentingnya dalam suatu organisasi. Semua fungsi terdahulu, tidak akan efektif tanpa disertai fungsi pengawasan. Dalam hal ini, Louis E. Boone dan David L. Kurtz (1984) memberikan rumusan tentang pengawasan sebagai : “… the process by which manager determine wether actual operation are consistent with plans”.
 Dengan demikian, pengawasan merupakan suatu kegiatan yang berusaha untuk mengendalikan agar pelaksanaan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan memastikan apakah tujuan organisasi tercapai. Apabila terjadi penyimpangan di mana letak penyimpangan itu dan bagaimana pula tindakan yang diperlukan untuk mengatasinya. Selanjutnya dikemukakan pula oleh T. Hani Handoko bahwa proses pengawasan memiliki lima tahapan, yaitu :
(a)    penetapan standar pelaksanaan
(b)   penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan
(c)    pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata
(d)   pembandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan penganalisaan penyimpangan-
penyimpangan.
(e)    pengambilan tindakan koreksi, bila diperlukan.

Bentuk-bentuk Pengawasan
1.      Pengawasan Pendahulu (feeforward control, steering controls)
2.      Pengawasan Concurrent (concurrent control)
3.      Pengawasan Umpan Balik (feedback control, past-action controls)
Tahap Proses Pengawasan
1.      Tahap Penetapan Standar
2.      Tahap Penentuan Pengukuran
3.      Pelaksanaan Kegiatan
4.      Tahap Pengukuran Pelaksanaan Kegiatan
5.      Tahap Pembandingan Pelaksanaan dengan Standar dan Analisa Penyimpangan
manajer.
6.      Tahap Pengambilan Tindakan Koreksi

No comments: