Dalam pengertian ekonomi, usaha
atau bisnis adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok
individu yang dilaksanakan secara legal dengan menggunakan dan mengkombinasikan
sumberdaya atau faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan/atau jasa
bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh manfaat finansial, yaitu laba
bisnis atau laba usaha (business profit).
Perencanaan adalah fungsi manajemen
yang berhubungan dengan pemilihan visi, misi dan tujuan, strategi, kebijakan,
prosedur, aturan, program dan anggaran. Dari kedua pengertian di atas sekarang
dapat didefinisikan arti perencanaan usaha yaitu sebagai proses penentuan visi,
misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran
yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Jadi dalam
perencanaan usaha terkandung adanya:
1.
Visi, yaitu cita-cita masa depan
perusahaan yang akan melakukan usaha tersebut.
2. Misi
adalah maksud khas atau unik dan mendasar yang membedakan perusahaan dengan
perusahaan lain serta mengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan
usaha/perusahaan yang bersangkutan.
3. Tujuan
adalah hasil yang ingin dicapai dari usaha/perusahaan tersebut.
4. Strategi
adalah cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan usaha dengan melibatkan semua
sumberdaya atau faktor produksi yang dimiliki. Dalam dunia bisnis dikenal
beberapa strategi yang biasa diterapkan perusahaan sebagai berikut:
·
Defender, strategi bisnis yang diarahkan
untuk meraih dan mempertahankan pasar pada segmen sempit dari seluruh pasar potensial
yang ada.
·
Prospector, strategi bisnis yang
diarahkan secara agresif untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui inovasi
produkproduk baru.
·
Analyzer, strategi bisnis yang
dijalankan melalui imitasi, yaitu meniru apa yang dilakukan prospektor.
Strategi bisnis seperti ini bertujuan meraih keuntungan dengan meminimalkan
risiko.
·
Kepemimpinan dalam biaya
(cost-leadership strategy), strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar
seluasluasnya melalui harga produk yang semurah-murahnya.
·
Diferensiasi (differentiation strategy),
strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui
keunikan produk yang dihasilkan. Keunikan tersebut bisa dicirikan oleh kualitas
yang tinggi, pelayanan yang prima, maupun rancangan produk yang inovatif.
·
Fokus (focus strategy), strategi bisnis
yang diarahkan dalam segmen pasar yang sempit yang dijalankan melalui fokus
dalam kepemimpinan biaya (cost focus) atau fokus dalam diferensiasi
(differentiation focus).
No comments:
Post a Comment